Cara Cepat dan Mudah Menambah RAM Android


Cara Menambah RAM pada Smartphone Android - Banyak produk besutan OS android yang memiliki RAM berkapasitas kecil atau minim , kecilnya ram yang ada pada HP tersebut tentu mempengaruhi suatu kinerja perangkat itu sendiri dalam melakukan Multitasking Aplikasi yang di gunakan .

Banyaknya handphone yang memiliki Ram berkapasitas kecil tentu membuat para pengguna menjadi tidak lebih leluasa dalam menggunakan Androidnya contoh Smartphone yang paling banyak memiliki RAM kapasitas kecil yaitu pada Era Android versi Gingerbread yaitu sekitar di bawah 512MB seperti samsung galaxy mini GT-S5570, Galaxy young GT-S5360 , Galaxy Pocket GT-S5300 dan samsung galaxy young duos GT-S6102 dan masih banyak yang lainnya .

Entah mengapa Smartphone tersebut di bekali dengan RAM yang minim padahal banyak aplikasi menarik yang menggiurkan pengguna untuk melakukan Instal aplikasi dan Game di androidnya yang tersedia di  PlayStore . Namun yang mempengaruhi faktor tersebut dapat di lihat dari budget atau harga pada Smartphone itu sendiri .

Nah pada artikel Cara menambah Ram Android ini hal yang saya tekankan bahwa sebenarnya cara Menambah kapasitas RAM Internal Android itu tidak bisa , Menambah kapasitas RAM Android yang ada bukan berarti mengganti atau upgrade RAM Android internal dengan ukuran yang lebih besar , Jadi jika kapasitas ponsel anda misal 512MB, tentu tidak bisa Anda minta dinaikkan ke 1GB dan seterusnya .


Cara Mudah menambah kapasitas Ram HP Smartphone Android

Tetapi dengan melakukan settingan menggunakan Tools lain tentu dapat berfungsi untuk menambah serta mengoptimalkan kinerja suatu RAM yang ada di Android , Cara Meningkatkan RAM Android yang pada prinsipnya ialah membuat virtual memory . Yang prosesnya Bisa melalui Swap File, Swap Partition/Linux Swap, ataupun ZRAM. Fungsi dari virtual memory sendiri yaitu sebagai RAM bayangan yang mampu membantu kinerja pada RAM internal android .

Beberapa Proses/metode dalam membuat virtual memory :

  •     Swap File Untuk Membuat virtual memory dengan memanfaatkan file yang tersimpan didalam SD Card sebagai media swap
  •     Swap Partition Membuat virtual memory dengan media partisi SD Card. Memory eksternal Anda akan di partisi ulang menjadi dua atau tiga bagian, pada partisi terakhir menggunakan Linux Swap sebagai system nya
  •     ZRAM berfungsi untuk Membuat virtual memory dengan RAM internal. Sebagian space RAM internal Anda akan di potong dan dimanfaatkan sebagai virtual memory, semakin besar kapasitas ZRAM semakin habis pula space RAM internal Android Anda.

Note : RAM script atau tweak itu tidak bisa menambah RAM Android , namun untuk dapat mengoptimalkan pemakaian RAM Android itu sendiri.

Untuk anda yang mempunyai Ponsel yang spesifikasinya kurang anda bisa simak Cara menambahkan RAM Android di bawah ini :


Note : Cara - Cara di bawah ini tidak harus di lakukan Semua anda bisa memilih beberapa Tutorial dan yang paling penting ialah Cara Menambah Kapasitas RAM Android yaitu penambahan virtual memory (Swapper for Root).

1. Install SD-Booster 

Fungsi SD-Booster dapat berguna untuk menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca atau menulis data (R/W). Prinsipnya sama halnya dengan overclock pada SD Card. Caranya :
  • Android Sudah di Root
#Jika perangkat android anda belum di root maka baca artikel ini
Tips Mudah Root Android 
  • Download Aplikasi SD-Booster dan install di Android anda
  • Buka SD-Booster
  • Isi cache size antara 1 hingga 8192, yang disarankan ialah 1024 atau 2048
  • Tekan gambar Centang hijau

2. Install Swapper for Root

Berguna untuk menambah virtual memory yang berfungsi menambah RAM Android. Swapper for Root tidak memerlukan partisi pada SD Card namun hanya menggunakan space memori eksternal untuk menyimpan swap file. Caranya :

  1. Android Tentu sudah Rooted
  2. Download Swapper for Root kemudian install
  3. Buka Swapper dan Centang active swap on boot
  4. Pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  5. Isi value dengan kapasitas swap RAM yang Anda kehendaki
  6. Besar kapasitas swap RAM tergantung dengan besar free space memori eksternal
  7. Save
  8. Tunggu hingga swap file selesai dibuat
  9. Terakhir Reboot/restart android,

3. Memasang Juwe RAM Script

Juwe RAM Script merupakan script pengatur RAM terbaik di Android. Script ini dapat mengoptimalkan performa, mempercepat kinerja Android dan mampu menghilangkan lag. Anda akan tetap mendapatkan cukup banyak free memory jika menggunakan RAM script ini.

Install Juwe RAM Script via CWM Recovery

  1.  Pastikan CWM Recovery sudah terinstall di perangkat Android Anda
  2.  Untuk install CWM Recovery anda bisa di cari di Google .
  3.  Download Juwe RAM Script, simpan di SD Card, taruh diluar/jangan di dalam Folder
  4.  Buka CWM Recovery Anda
  5.  Pilih install zip from sd card
  6.  Arahkan ke File Juwe RAM Script
  7.  Dan Install
Install Juwe RAM Script Manual

  1. Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
  2. Pastikan init.d sudah aktif. Jika belum, baca Cara Mengaktifkan init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel
  3. Note : Folder init.d tidak bisa dibuat hanya dengan membuat folder yang diberi nama init.d secara manual. Folder init.d terhubung dengan system. Jika Anda asal membuat folder init.d, itu tidak akan berfungsi.
  4. Download Juwe RAM Script dari link diatas
  5. Ekstrak file tersebut, ambil file bernama S97ramscript didalam folder /system/etc/init.d
  6. Pindahkan file tersebut ke folder /system/etc/init.d menggunakan file manager yang mendukung akses root seperti Root Explorer
  7. Rubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
  8. Reboot perangkat Android Anda
Jika Anda menginginkan cara yang lebih Ceoat dan mudah , silahkan anda Download Aplikasi RAM Manager.

Fungsi dari Aplikasi RAM Manager memiliki kemampuan yang lebih dibanding Juwe RAM Script. RAM Manager juga masih mengadopsi fitur-fitur yang ditawarkan Juwe RAM Script. Hanya saja, selain sudah menggunakan interface yang baik, terdapat beraneka macam pilihan (preset) seperti Balance, Hard multitasking, hingga Hard gaming yang mana tiap preset tersebut memberikan efek yang berbeda-beda dan cocok dipakai di segala kebutuhan.

Mungkin Hanya itu tentang Cara Menambah Kapasitas Pemakaian RAM Android demikian tutorial yang saya berikan selamat mencoba .

0 komentar: