Tutorial Lengkap Flashing Firmware Asus Zenfone 2 All Series


Tutorial Flashing Firmware Asus Zenfone 2 ZE551ML/ZE550ML Lengkap - Pada tutor kali ini saya akan memberikan mengenai tips dan cara flashing zenfone 2 dengan lengkap yang di bantu dengan PC/Laptop, Proses Flashing pada smartphone ini sama dengan metode install ulang pada komputer dimana user dari pemilik perangkat tersebut membutuhkan agar perangkatnya menjadi pada setelan awal yang seperti baru dengan beberapa Aplikasi/Software bawaan perangkat itu sendiri.

Nah proses Flashing Firmware ini yang saya buat di khususkan untuk Smartphone Asus Zenfone 2 yang setiap prosesnya kurang lebih sama dengan smartphone lain yang membedakannya ialah file dari firmware itu sendiri yang berbeda-beda untuk setiap perangkat yang di khususkan seperti halnya tipe dan versi Andoid yang di miliki, jadi bagi anda yang ingin melakukan flashing anda tidak boleh salah dalam memilih file firmwarenya yang sudah di sediakan pada web official besutan dari produk ponsel tersebut.

Tutorial cara Lengkap Flashing Firmware Asus Zenfone 2 All Series

Dengan adanya proses flahsing pada Zenfone 2 tentu berguna untuk ponsel yang mengalami Error atau mengalami banyak Bug seperti halnya setelah anda mengganti Firmware asli dengan Custom ROM yang mungkin masih belum bekerja dengan efektif ataupun setelah user melakukan update androidnya via OTA yang belum sempurna, Selain itu pun Flashing ini berguna untuk mengatasi Zenfone 2 yang Softbrick yang mengalami proses Stuck gambar hanya USB, dan juga berguna untuk Mengatasi proses Bootloop pada zenfone 2 yang mengalami proses loading Asus yang tidak selesai masuk bahkan sampai berjam-jam. Untuk mensiasati agar Ponsel tersebut kembali pada keadaan semula tentu anda bisa mencoba tutorial yang saya berikan ini.

Bahan dan perlengkapan Flashing Zenfone 2 :

  • Siapkan Kabel Data USB dan satu buah perangkat PC/Laptop yang sudah di install Windows.
  • Download ADB Tools dibawah pilih salah satu( Jika sudah di download anda bisa Ekstrak dan pindahkan ke PC)
-Tools Flash Zenfone2
-ABD Tools Flash Asus Zenfone2
  • Download juga Firmware Asus Zenfone 2 Resmi pada situs Asus, dan pilih berdasarkan tipe dan OS android masing-masing. Misalnya file dibawah
- (Fimware Zenfone 2 ZE551ML)
- (Firmware Zenfone 2 ZE550ML) 
- Tipe Firmware Zenfone 2 Lainnya anda bisa download pada Situs Asus Zenfone.

  • Jika sudah masuk pada Web asus di atas anda Pilih OS Android nya, pilih Firmware dan anda bisa sesuaikan dengan versi apapun.
  • Kalau filenya sudah di download, ubah namanya filenya contoh "UL-Z00A-WW-2.17.40.17-user" ubah menjadi  "update". Kemudian File tersebut pindahkan ke folder hasil ekstrak tadi di folder "ADB_Tools".
  • Anda wajib untuk melakukan Instal driver nya, instal kedua duanya pada komputer anda dan driver kedua cara instalnya adalah lewat Device manager pada komputer anda.

Tutorial Flashing Firmware Hp Asus Zenfone 2:

  • Pertama Anda bisa masuk pada Mode Fastboot asus zenfone 2, Cara masuk Fastboot Mode: Matikan ponsel anda terlebih dahulu, Selanjutnya jika ponsel sudah benar-benar mati anda bisa Tekan dan tahan (Tombol Power + Vol Up) dan tunggu hingga ponsel anda getar sampai 2 kali, Setelah bergetar anda bisa lepaskan tombol power tapi tetap tahan vol up, Dan tunggu hingga logo asus muncul, setelah 3 - 4 detik anda bisa lepaskan tombol volume up dan secara otomatis akan masuk pada Mode Fastboot yakni dengan gambaran robot tidur yang besar.
  • Selanjutnya Pilih Recovery Mode dan menggerakan atas/bawah memakai (Volume Down) dan Enter (memakai tombol Power). Selanjutnya anda akan di tuntut untuk masuk pada Mode Recovery Zenfone 2, Cara masuk Recovery Zenfone 2: Pada Saat tampilan robot terlentang di tengah2 dan terdapat kalimat error, Maka anda bisa tekan tombol volume up dan kemudian tekan juga tombol power, dengan proses penekanan yang cepat jika tidak bisa anda tetap coba berulang-ulang(Karena memang cukup Sulit).
  • Dan tahap berikutnya anda bisa Pilih "Apply Update from ADB"
  • Jika sudah memilih opsi via ADB anda bisa Tancapkan HH Asus anda ke komputer.
  • Dan pada komputer/laptop anda kalian bisa membuka folder "ADB_Tool" tadi yang sudah di update didalamnya ke PC.
  • Selanjutnya tekan shift pada keyboard PC/Laptop dan kemudian klik kanan pada area folder ADB tadi dan Pilih "Open Command Window Here" maka nanti dibuka pada mode CMD.
  • Pada CMD Command Prompt tersebut ketik "adb sideload update.zip" (tanpa tanda petik) dan kemudian tekan enter.
  • Dan tunggu hingga proses selesai, jika sudah anda bisa Restart Zenfone 2 anda, dan secara langsung  Zenfone 2 akan kembali normal dan seperti keadaan baru.

Note : Bagi Zenfone 2 anda yang telah Bootloop atau mengalami softbrick anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk masuk Pada System Recovery Mode dan anda pilih Wipe data dan Wipe Cache (namun semua data seperti sms, kontak, aplikasi dan lain-lain akan hilang Jika ingin hanya update firmware terbaru bisa langsung saja tanpa perlu wipe data, cukup wipe cache saja. kalau mau lebih fresh anda bisa memilih opsi wipe data.
Saat Wipe data dan Wipe cache berlangsung mungkin prosesnya sedikit lama jadi anda tunggu hingga selesai.

Itulah tutorial yang bisa saya berikan untuk hari ini, semoga dengan anda mencoba tutorial Tutorial Lengkap Flashing Firmware Asus Zenfone 2 All Series ini kalian dapat menangani Ponsel Asus anda yang mengalami kerusakan seperti hal diatas selamat mencobanya.

0 komentar: